Kamis, 07 April 2011

AWAL DARI SEBUAH IMPIAN


Silaturahim sebagaimana makna yang terkandung akan memberikan hasil yang sungguh luar biasa. Silaturahim akan menambah umur, rezeki dan saudara. Silaturahim yang tiada terputus, akan membuah sebuah ide dan gagasan.

Zaenal Abidin, selaku koordinator BKM Bina Ummat kelurahan Medansatria kecamatan Medan Satria dan bekerja sebagai Kabag Humas pada Yayasan Bani Saleh Kota Bekasi, sosok yang pertama kali dikenal pada pertemuan 17 April 2009. Pertemuan yang digagas dalam rangka penyerapan BLM Luncuran TA 2008. Pertemuan selanjutnya meski sekilas dan pembicaan yang sangat pendek, berlangsung dalam rangka pengajuan proposal PNPM MP, pemberkasan dan verifikasi pemanfaatan dana BLM.

Pada 4 Maret 2010, bertempat di sekretariat PNPM – P2KP Kota Bekasi, pertemuan 6 mata dilakukan. Diikuti Bapak Zaenal Abidin dan Bapak Slamet Abadi selaku Ketua Litbang Bani Saleh. Pokok bahasan berkaitan dengan program Posdaya yang akan dilaksanakan Yayasan Bani Saleh dengan Kapermas (Kantor Pembedayaan Masyarakat) Kota Bekasi, rencana pelaksanaan penelitian dan bentuk kegiatan lainnya.

Pertemuan dilanjutkan di Sekretariat STMIK Bani Saleh pada 19 April 2010. Sejumlah 4 artikel/berita dari website P2KP disampaikan sebagai contoh bentuk kegiatan yang dapat disinergikan antara perguruan tinggi dengan PNPM – P2KP dan atau BKM. Kedua pihak sepakat untuk mengadakan diskusi bersama untuk saling berbagi informasi.

Bertempat di ruang pertemuan LPM Bani Saleh, 21 April 2010, sosialisasi PNPM – P2KP dihadiri oleh Bapak Sri Setyo selaku Ketua STMIK Bani Saleh, Bapak Setia Budi Wahono selaku Pembantu Ketua I, Bapak Ishak Husein (Pembantu Ketua II dan III), Bapak Tukino (Kajur Sistem Informatika), Bpaak Marhakim (Kajur Komputer Akuntansi), Bapak Slamet Abadi (Ketua Litbang0 dan Bapak Zaenal Abidin selaku Kepala Bagian Humas serta 2 orang mahasiswa perwakilan dari Senat Mahasiswa, yaitu Feriansyah dan Djuhamad Priyadi.

Pukul 10.05 WIB, acara diawali dengan sambutan dan perkenalan yang dibawakan oleh Ketua STMIK, dilanjutkan kata pengantar dan perkenalan oleh Tim P2KP Advanced, pemaparan tentang Yayasan Bani Saleh dengan berbagai kegiatannya yang disampaikan oleh Pembantu Ketua I dan dilanjutkan dengan sekilas PNPM – P2KP di Kota Bekasi.

Disajikan informasi tentang perkembangan PNPM – P2KP diawali dengan Profil Kota Bekasi, Akar Kemiskinan, Strategi Intervensi, Kegiatan di Tingkat Kota, PNPM MP, PAKET, Channeling dan Permasalahan. Pada 10.45 WIB, dilaksanakan tanya jawab. Pertanyaan berkaitan dengan perkembangan BKM, pengalaman Bapak Zaenal Abidin selaku koordinator BKM, Posdaya, kriteria pengurus BKM, kriteria wilayah sasaran dan akhirnya mengerucut pada bentuk sinergitas yang dimungkinkan dapat dilaksanakan : pelaksanaan kegiatan pelatihan keterampilan (STMIK Bani Saleh), kegiatan pendidikan dan penyuluhan (STAI Bani Saleh) dan kesehatan (STIKES Bani Saleh), Kelurahan Binaan dan Kelurat Pilot Project.

Akhir pertemuan, tercetus sebuah tekad bersama bahwa pembangunan Kota Bekasi, khususnya penanggulangan kemiskinan, harus dilaksanakan oleh seluruh unsur. Yayasan Bani Saleh siap untuk berperan aktif di dalamnya. Kegiatan dalam kemasan pengabdian, penelitian, pelatihan dan pembuatan website PNPM P2KP Kota Bekasi, menjadi bagian awal dari sebuah impian.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys