Kamis, 07 April 2011

SOSIALISASI KREDIT MIKRO


Sulit untuk memulai. Berbagai pertimbangan terkadang malah menjadi hambatan bukan dijadikan media untuk mengumpulkan berbagai potensi dan kekuatan. Begitu cahaya mulai tersingkapdari balik tirai, senyuman dapat mengembang. Ide biarkan bergerak bebas menjalar ke seluruh urat nadi dan darah......Harus kita mulai. Jangan ditunda. Sekarang!!!

Kegiatan sosialisasi program kredit mikro dari lembaga keuangan pada BKM di kota Bekasi, sebuah tantangan untuk menjembatani masyarakat dengan dunia perbankan/lembaga keuangan. Mendekatkan perbankan dengan masyarakat dan ke depan mengubah pandangan masyarakat tentang perbankan yang selama ini tidak tepat bahkan kurang baik, antara lain : proses yang berbelit, susah dan lama adalah upaya awal yang ingin kita raih. Ke depan, masyarakat lebih familiar dan bisa tumbuh bersama perbankan atau sebaliknya, perbankan tumbuh bersama masyarakat.

Sosialisasi Kredit Mikro ditujukan bagi nasabah UPKBKM yang selama ini telah melakukan pinjaman sampai dengan 3 kali dan telah mencapai batas maksimal, yaitu Rp. 2 juta. 15 kelurahan di Kota Bekasi yang masih aktif menjalankan kegiatan ekonomi bergulir, merupakan target awal untuk kegiatan Sosialisasi Kredit Mikro. Secara bertahap, kegiatan sosialisasi telah dapat dilaksanakan di 3 BKM, yaitu BKM PWK Jatiwaringin Kelurahan Jatiwaringin Kecamatan Pondok Gede, BKM Amaliah Jaya Kelurahan Pekayonjaya Kecamatan Bekasi Selatan dan BKM Durenjaya Kelurahan Durenjaya Kecamatan Bekasi Timur.

Kelurahan Jatiwaringin
Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada 9 April 2010 bertempat di aula kelurahan Jatiwaringin. Dihadiri oleh perwakilan dari BRI unit Pondok Gede, Bank Syariah Mandiri KCP Pondok Gede, BNI 46 KCP Pondok Gede dan KSP Swamitra As-Syafi’iyah Pondok Gede. Dihadiri oleh 33 peserta (nasabah UPK BKM dengan kinerja baik dalam pinjaman ekonomi bergulir), acara dibuka oleh kepala Kelurahan, Heryanto, A.P., M.Si.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan paparan progres channeling di Kota Bekasi yang disampaikan oleh Korkot P2KP Adv Kota Bekasi, Maryana Ahmad. Kegiatan channeling di kota Bekasi telah diikuti oleh 22 orang dengan nilai Rp. 154.500.000. Terdiri dari 6 laki-laki dan 16 perempuan. Lembaga keuangan yang turut berpartisipasi, yaitu KSP Swamitra As-syafi’iyah (5 orang), BRI Unit Jatikramat (7 orang) , BRI unit Durenjaya (9 orang) dan Bank Jabar Banten Cabang Kota Bekasi (1 orang).

Secara berurutan kemudian disampaikan materi sosialisasi oleh perwakilan BRI Unit Jatiwaringin (Giri Laksomono – Account Officer), Bank Syariah Mandiri (Eman Sulaeman – Acoount Officer)), BNI 46 (Maya A. Indrasti) dan KSP Swamitra As-Syafi’iyah. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Beberapa pertanyaan yang diajukan, yaitu berkaitan dengan : persyaratan pengajuan pinjaman, permasalahan yang pernah dialami dan detail setiap produk / program yang telah dipaparkan oleh masing-masing narasumber.

Setelah penutupan, beberapa peserta melakukan pendekatan secara personal pada perwakilan tiap lembaga keuangan. Hingga saat ini, telah dilakukan pembiyaan untuk 2 orang nasabah dari BRI Unit Jatiwaringin. Kaitannya dengan BNI 46, dijajagi program kredit untuk fasilitasi pengadaan rumah bagi nasabah UPK BKM yang memiliki rumah dengan status kontrak/sewa/numpang. Semoga semakin berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys