Selasa, 14 Juni 2011

Dag Dig Dug Komposisi Baru Tim Kota Bekasi

Dag Dig Dug Komposisi Baru Tim Kota Bekasi



Oleh:
Ema Iklima DiniFaskel Ekonomi Tim 7
Kota Bekasi
PNPM Mandiri Perkotaan

Bridging pasca Maret 2011 sangat mempengaruhi atmosfer kegiatan fasilitator khususnya di Kota Bekasi, dimana Tim Advanced dan Tim Reguler kembali bersatu memfasilitasi seluruh kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan yang ada di 56 kelurahan.
Dag, dig, dug… Kecemasan dan tanda tanya besar menghantui setiap pikiran personel, akankah saya direkrut kembali? Di manakah lokasi pendampingan nanti? Apa posisi saya selanjutnya?
Kesibukan juga terlihat di tingkatan OC dan Korkot dalam menentukan komposisi tim fasilitator di masing-masing wilayah.
Setelah menunggu selama hampir dua minggu, akhirnya pada Selasa, 12 April 2011, komposisi Tim Fasilitator diumumkan oleh Korkot Bekasi Maryana Ahmad.
Senyuman, tangisan, serta keluhan tanda tidak puas pun keluar dari sejumlah teman setelah mendengar pengumuman itu. Lobi dan negosiasi pun terjadi. Namun, dengan tegas korkot memutuskan komposisi Tim Fasilitator Kota Bekasi tetap.
The show must go on. LKM tetap menunggu pendampingan fasilitatornya. Setelah komposisi diumumkan, setiap tim diwajibkan presentasi tentang visi, misi, strategi dan harapan pendampingan guna mendukung program 100 hari Tim kekorkotan Kota Bekasi. Tak terkecuali Tim 7. Alih kelola dilaksanakan oleh Nurdin (SF), Dede Dewi Indrawati (F-CD) dan Roby Mulyadi (FE) sebagai Tim 7 lama, kepada Purnomo Wahyu Aji (SF), Ema Iklima Dini (FE), Windi (F-IP), Dede Dewi Indrawati (F-CD) sebagai Tim 7 baru.
Pertemuan dengan delapan LKM dampingan Tim 7 pun digelar pada 14 April 2011, dalam rangka lepas sambut tim. Kesan dan pesan dari tiap LKM dampingan pun dilontarkan kepada Tim 7 lama, khususnya kepada SF yang akan dipromosikan menjadi Askot CD wilayah Belitung.
Koordinator LKM Jati Makmur Dumyati mengatakan, dirinya mengerti PNPM Mandiri Perkotaan adalah berkat tim. “Dan, Tim tidak pernah membeda-bedakan status kami di masyarakat,” tegasnya.
Rasa terima kasih pun kemudian dilontarkan oleh Sekretaris LKM Jatiwaringin, “Tim dengan sekuat tenaga berupaya membantu LKM. Pendampingan dilaksanakan hingga pukul 3 pagi, demi menguatkan subtansi dan memotivasi kerelawanan kami.”
Semangat kebersamaan dan semangat untuk maju sangat terlihat di delapan wilayah ini. Harapan kepada Tim 7 baru agar mengoptimalkan potensi yang mereka miliki sangat ditunggu aksinya.
Komitmen untuk terus melanjutkan keberhasilan melaksanakan kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan diikrarkan dalam acara ini. Korkot yang ikut hadir dalam acara inipun menjelaskan banyak kegiatan yang akan dilaksanakan pada periode ini, antara lain, kegiatan BLM PNPM Mandiri Perkotaan, PAKET, stimulan daerah (Rp.100 juta per kelurahan), Replikasi PAKET dan Channeling.
Tantangan dan harapan inilah yang membuat kami sadar dan yakin bahwa sebagai pemberdaya sejati, kami harus siap pada posisi apapun dan siap ditempatkan di lokasi manapun. Sebagai pemberdaya sejati, kami juga harus siap meraih uluran tangan masyarakat yang ingin maju dan mandiri mengembangkan potensi yang mereka miliki.
That’s why we are still here. Because we love and proud to join this community. (PNPM Mandiri Perkotaan/P2KP Advanced Kota Bekasi)



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys