Selasa, 14 Juni 2011

Tidak Lagi Khawatir Rumah Roboh

Tidak Lagi Khawatir Rumah Roboh



Oleh:
Ema Iklima DiniAskot MK Kota Bekasi
P2KP Advanced

“Alhamdulillah, kami dapat menikmati hidup secara layak. Kami sekeluarga tidak lagi mengalami bocor di saat hujan. Anak kami pun dapat tidur dengan tenang. Kami juga tidak lagi khawatir rumah akan roboh,” kata Pak Manan, dengan suara terbata-bata dan haru, saat serah terima rehab rumah dari Pakem Griya Mandiri, pada Maret 2011.
Pak Manan adalah Warga RT 3 RW 6 penerima program rehabilitasi rumah tidak layak huni (rutilahu) dari program PAKET III P2KP/PNPM Mandiri Perkotaan yang difasilitasi LKM Bakti Mandiri, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jati Asih, melalui Pakem Griya Mandiri.
Pak Manan merupakan satu dari lima penerima manfaat rehab rumah yang dilakukan Pakem Griya Mandiri. Rehab rumah Pak Manan dimulai 26 Januari 2011 hingga 8 Februari 2011.
Menurut Fasilitator CD P2KP Advanced Kota Bekasi Zaenal Arifin, pelaksanaan rehab rumah menghabiskan dana sejumlah Rp.15 juta, terdiri dari dana BLM sebesar Rp.12 juta dan swadaya masyarakat Rp.3 juta. Rumah berukuran 6 meter x 5 meter milik Pak Manan kini telah memiliki lantai ubin, berdinding rapi dan layak huni.
“Mudah-mudahan rumah ini, dengan kenyamanannya memberikan kesehatan, dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak serta mewujudkan keluarga sakinah, mawadah wa rahmah,” ujar Zaenal Arifin.
Pada kesempatan serupa, Fasilitator Teknik Taruna Widi S.K. mengajak sang pemilik rumah untuk menjaga dan memelihara kebersihan serta keindahan rumah. Dia juga menyampaikan asal muasal dan proses rumah ini mendapat bantuan.
Harapannya, kegiatan rehab rumah ini bisa menjadi contoh kepedulian warga yang mampu kepada tetangganya yang masih membutuhkan bantuan.
Berbagai ekspresi penerima manfaat rehab rutilahu di Jatisari saat menerima alih kelola sangat beragam. Nenek Isah pemilik rumah yang berlokasi di RT 01 RW 03, misalnya, menuturkan bahwa ia langsung membersihkan tiap tetes cat yang tercecer di lantai, sambil mengekor langkah tukang yang sedang melakukan pengecatan.
Kegiatan rehab rutilahu ini menjadi suatu kebanggaan dan kepuasan batin bagi pengurus LKM. Hingga kini, LKM telah melakukan rehab rumah sebanyak 16 unit (dari BLM PNPM Mandiri Perkotaan) dan 9 unit (dari PAKET).
Rencana ke depan, terdapat 30 rutilahu dengan penghuni 120 jiwa miskin (PJM Pronangkis 2010 – 2013) yang harus direhab.
Belajar dari 25 unit Rutilahu yang telah direhab, LKM akan berupaya untuk mencari sumber daya lainnya, antara lain melaluichanneling. (PNPM Mandiri Perkotaan/P2KP Advanced Kota Bekasi)
Informasi lebih lanjut, silakan hubungi contact person:
  • Rika (Sekretaris LKM Bakti Mandiri), 021-99649625
  • Novi (Anggota LKM Bakti Mandiri), 021-94144470
Editor: Nina Firstavina

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys