Selasa, 14 Juni 2011

Prasasti Kebaikan

PRASASTI KEBAIKAN
Kamis, 24 Maret 2011, aku dan teman-teman mendampingi Pokja untuk monitoring PAKET III. Monitoring dilakukan sejak 21 Maret 2011, mencakup 15 PAKEM yang tersebar di 8 kecamatan. Kelurahan Jatisari Kecamatan Jati Asih dengan 2 PAKEM, menjadi penutup dari seluruh rangkaian monitoring tersebut. 

Dalam monitoring, Pokja melakukan pemeriksaan terhadap RPD, LPD, dokumentasi dan berkas lainnya. Kegiatan PAKET III di kelurahan Jatisari dilaksanakan oleh PAKEM Griya Mandiri dengan kegiatan rehab rumah dan PAKEM Marga Mandiri dengan kegiatan rabat beton. Terjadi dialog yang berjalan secara imbang di antara kedua belah pihak. Pokja mengajak dan memberikan motivasi pada PAKEM untuk berbuat yang terbaik bagi nangkis dan pembangunan di wilayahnya. Selepas pemeriksaan secara administratif, diskusi ringan dan saling mengkritisi, kegiatan monitoring dilanjutkan dengan tinjauan lapangan.

Selepas monitoring, Pak Subayono, koordinator BKM Bakti Mandiri, meminta kami untuk meluangkan sedikit waktu. Berdialog dan berdiskusi menindaklanjuti monitoring yang telah dilakukan Pokja.

Sedikit kaget, aku menyambar kalender meja produk sebuah bank. Kalender meja tersebut terdiri dari 6 lembar. Masing-masing lembar memuat tanggal untuk 2 bulan di satu sisi dan sebuah photo di sisi lainnya. Kecuali lembar ke-6 yang sisi lainnya memuat Tahun 2012. Pada lembar yang berisi gambar, terdapat kalimat yang cukup menarik dan layak untuk disampaikan dalam forum tersebut.

“Perjalanan kita selama hampir 2 tahun, mudah-mudahan ada buahnya. Pasca Maret ini, Tim Advanced tidak ada. Tapi orang Advanced tetap ada. Apa yang telah kami lakukan,  mudah-mudahan bermanfaat bagi BKM dan warga Jatisari”

“Pembelajaran kita, layaknya apa yang ada dalam kalender ini”,lanjutku. “Satu, kita harus rendah hati dan senantiasa berbagi. Dua, keseimbangan adalah kunci kesuksesan. Tiga, pentingnya harmonisasi. Empat, pererat kerjasama untuk mencapai sukses bersama. Lima, mengawali hari dengan selalu bersemangat”.  

Usai aku, tiba bagi Zaenal Arifin (Fasilitator CD), untuk menyampaikan sebuah pesan. “Kebersamaan kita selama ini dan apa yang telah kita perbuat, semoga adalah ukiran indah dalam sebuah prasasti yang menyiratkan catatan kebaikan”.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys