Kamis, 07 April 2011

BALIHO RAKSASA MENGHIASI PELAKSANAAN LOKAKARYA DI KOTA BEKASI


Bertempat di ruang rapat Kantor Walikota Kota Bekasi, pada 27 Agustus 2009, dilaksanakan acara Lokakarya Peran dan Fungsi PNPM MP. Bertindak sebagai narasumber adalah : Maryana Ahmad, Koorkot Advance Kota Bekasi, Yudhi Mauluddin – Koorkot Reguler Kota Bekasi dan Sunandar dari Forum Lintas Pelaku Kota Bekasi. Sebelum ketiga pemateri, dipaparkan pengamalan lapang oleh Koordinator BKM Paguyuban Warga Jatiwaringin. Bertindak sebagai pembawa acara Novianti Nur Anggraeni (Faskel Ekonomi Tim 6), Moderator Ibu Dian dari Kantor Pemberdayaan Masyarakat (Kapermas) dan pembawa doa (Roni – Faskel Teknik Tim 2). Acara diikuti oleh lebih dari 60 peserta yang terdiri dari perwakilan SKPD : Bina Marga dan Tata Air, Tarkim, P2B, KB, Kesehatan, Bappeda, Sosial, Perekonomian Rakyat, dan Pol PP. Hadir juga perwakilan dari Perguruan Tinggi : STMIK Bani Saleh dan Universitas Empat Lima. Dari media massa : Majalah Komunitas, Republika dan Radio M2. Dari perbankan hadir : pemimpin pemasaran Bank Jabar Banten, sementara dari DPRD hadir dari Fraksi Demokrat. Pendanaan dilaksanakan secara bersama-sama antara konsultan dan Kapermas selaku leading sector kegiatan PNPM MP Kota Bekasi.

Acara Lokakarya dimulai pada pukul 9.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Walikota Bekasi, H.Mochtar Mohammad. Dalam sambutannya beliau berharap agar terjalin sinergitas yang semakin kuat antara masyarakat yang diwakili oleh BKM, SKPD dan kelompok peduli. Beliau berharap agar BKM dapat berperan sebagai pendorong untuk tergalinya secara optimal potensi yang dimiliki masyarakat untuk pelaksanaan pembangunan, khususnya penanggulangan kemiskinan. Selepas pembukaan, acara dilanjutkan pemaparan Pengalaman Lapang oleh Ibu Sutjiati, Koordinator BKM PW Jatiwaringin, Konsep dan Strategi Intervensi oleh Maryana Ahmad, Pelaksanaan PNPM MP Kota Bekasi oleh Yudhi Mauluddin dan Eksistensi Relawan Kota dalam Nangkis oleh Sunandar.

Kegiatan lokakarya semakin hangat setelah dilakukan diskusi dan tanya jawab. Beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan juga memberikan kritik dan saran agar sinergitas tidak sebatas pernyataan namun terwujud dalam seluruh tahapan kegiatan dan di setiap tingkatan keperintahan, mulai dari kelurahan sampai di tingkat kota. SKPD diharapkan dapat semakin berperan aktif membina masyarakat dan menjadikan BKM sebagai salah satu mitra dalam pembangunan. PNPM MP sebagai gerakan nasional hendaknya juga dijiwai sebagai gerakan moral untuk menanggulangi kemiskinan.

Dalam kegiatan lokakarya tersebut juga dipamerkan berbagai kegiatan PNPM MP kota Bekasi dalam bentuk dokumentasi kegiatan, ditampilkan photo seluruh personil PNPM MP Kota Bekasi, Profil beberapa BKM dalam bentuk leaftlet dan brosur, penjualan pin dan kerajinan tangan produk KSM, pembagian berbagai leaftlett, brosur, buletin, buku teknis dan majalah yang diperoleh oleh konsultan selama mengikikuti Gelar Karya Pemberdayaan di JCC Jakarta. Hal lain yang membanggakan bagi seluruh personil PNPM MP Kota Bekasi, selain karena acara tersebut dibuka oleh walikota adalah terpasangnya sebuah baliho ukuran raksasa dari 4 baliho yang disumbangkan Bank Jabar Banten. Berkat pendekatan yang dilakukan oleh Satker, yaitu Moch Djaji Suradji, baliho berukuran 3x5 meter tersebut dapat nampang di sebelah kiri gerbang komplek kantor walikota.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys