Kamis, 07 April 2011

BERCERMIN DARI SEPAK BOLA


Sebuah catatan dari Lokakarya Kecamatan (2)

Hingar bingar World Cup 2010 menjadi bagian dari sebuah ide yang tiba-tiba menggelitik. Ide yang mesti dikemas apik untuk disampaikan pada peserta lokakarya kecamatan. Ide kecil dengan tampilan sederhana namun berharap dapat berdampak besar pada semangat para pelaku penanggulangan kemiskinan.

Jatidiri
Sepakbola yang dikelola klub, pemerintah dan atau penyelenggaraan sebuah turnamen, dicerminkan dengan hadirnya logo dan atau maskot. Logo yang penuh dengan arti dan maskot yang menggambarkan makna dari seni bermain sepakbola. Dalam setiap penyelenggaraan World Cup, kedua hal tersebut selalu ada. Logo dengan warna khas Afrika Selatan dan Zakumi, hadir di World Cup 2010. Di lingkungan kita, hal tersebut telah juga hadir. Logo PNPM MP, Logo P2KP Adv dan Maskot Sang Elang. Bagaimana dengan BKM? Jangankan maskot, di beberapa BKM, logo masih menjadi barang langka.

Impian
Piala World Cup, piala LSI dan piala lainnya adalah satu impian yang ingin diraih setiap pemain. Impian kecil lainnya, turut mendukung impian besar tersebut, yaitu menjadi pemain hebat, menghidupi keluarga dari bermain sepak bola, mengharumkan nama daerah dan negaranya atau berkeliling nusantara dengan bermain di banyak klub. Apa impian yang ingin dibangun oleh PNPM MP? Apa yang ingin diraih P2KP Adv? Impian apa yang dicapai BKM? Impian? Sebuah harapan untuk perubahan dan maju.

Basecamp
Mesti ada. Jadilah PERSIB kesulitan mencari tempat untuk menggelar pertandingan kandang manakala, stadion Si Jalak Harupat dalam kondisi perbaikan. Akhirnya pertandingan digelar di Kabupaten Karawang. Demikian juga dengan kesekretariatan BKM. Hal tersebut adalah sebuah cerminan keseriusan dalam pengelolaan penanggulangan kemiskinan. Jika ini ada, akan jelas tempat yang dituju oleh warga untuk menyampaikan aspirasi, saran atau keluhan. Pengurus BKM akan nyaman mengadakan sebuah rembug tanpa khawatir diminta pindah atau bahkan diusir apabila tempatnya akan dipakai oleh pihak lain. Sekretariat BKM? Sebuah kekuduan.

Kebersamaan
Hebatnya Cristiano Ronalda, tak lepas dari dukungan pemain di belakangnya. Bahkan sang penjaga gawang sekalipun, pemain yang tidak keluar dari kotak penalti, adalah pemain yang juga memberikan dukungan pada tajamnya sebuah serangan yang dibangun. Awal sebuah gol, kadang terjadi dari tendangan gawang yang penuh perhitungan. Gol Miroslav Klose ke gawang Inggris sebagai satu bukti. Kebersamaan di BKM mutlak dibutuhkan dan harus diawali dengan 1 jiwa 1 rasa 1 asa. Saling percaya mesti ditumbuhkan. Bersama Kita Bisa.

Sang Pemimpin
Jose Mourinho (membawa Inter Milan juara Liga Champion 2010), Fellipe Scolari (menjadikan Brasil 4 kali juara World Cup) dan Alex Ferguson (11 kali menjadikan Manchester United pemegang tahta Premier League) adalah contoh beberapa pelatih yang dapat mewujudkan sebuah impian dan berhasil menggerakkan seluruh sumber dayanya. Di balik sebuah pimpinan kolektif, sosok koordinator BKM, adalah figur penting. Figur yang mesti memiliki kepemimpinan yang mumpuni. Kepemimpinan yang melayani. Kepemimpinan yang menyatukan keberagaman.

Banyak hal yang dapat dipelajari dengan BERCERMIN DARI SEPAKBOLA. Impian harus diraih dengan Berdoa, Berlatih, Komunikasi yang terbuka, Promosi yang dikemas apik, Kaderisasi yang berkelanjutan, Berlatih, Taat pada Aturan Main, Bermain Bersih dan Berjuang Keras. Menerima Kekalahan dan menjadikan Kemenangan untuk Bersyukur dengan berbuat lebih baik lagi. Hingga dapat bermain di berbagai jenjang/kelas : sepakbola RW, kelurahan, kecamatan, kota, propinsi, nasional, regional bahkan Piala Dunia. Sepakbola adalah Sebuah Kebanggaan. Dibuktikan dengan keterlibatan emosi, pikiran, hati dan air mata. Sepakbola memiliki Fans Sejati bahkan di beberapa tempat, terdapat pendukung yang sangat fanatik. Pendukung yang bisa berujar lantang “I Love You Full” – “You Allways In My Heart”. Sepakbola menjadi Sebuah Magnet dan Atmosfernya demikian berasa. Ujungnya, menjadi seorang pemain sepakbola pun adalah perwujudan dari sebuah HIDUP YANG BERMAKNA.

Bagaimana dengan PNPM MP, P2KP Adv, Konsultan, BKM dan KSM? Bagaimana pemdanya? Bagaimana kelompok pedulinya?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys