Kamis, 07 April 2011

DUKUNGAN MASYARAKAT & POSYANDU DI AREN JAYA




Peresmian gedung Posyandu ini dilakukan oleh Ny Hj Sumiyati Mochtar Mohamad, istri Walikota Bekasi, sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bekasi [Dok. Korkot Bekasi, P2KP Advanced]“Dukungan dan peran serta masyarakat bersama Posyandu dan Pelayanan Kesehatan Menentukan Kualitas Balita di Masa Mendatang”. Begitulah motto yang digunakan para ibu kader posyandu Kelurahan Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi dalam rangka peresmian lima Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) di lingkungan Kelurahan Aren Jaya, yang meliputi RW 05 (Posyandu Anggrek), RW 09 (Posyandu Dahlia), RW 014 (Posyandu Desember), RW 015 (Posyandu Asoka) dan RW 019 (Posyandu Mawar).


Peresmian ini dilakukan oleh Ny Hj Sumiyati Mochtar Mohamad, istri Walikota Bekasi, sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bekasi. Sumiyati mengaku bangga dan terharu bahwa PNPM telah merealisasikan harapan para kader posyandu—pahlawan kesehatan, untuk mendapatkan fasilitas yang memadai dalam melaksanakan tugasnya dan memberikan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil, bayi dan balita dari keluarga menengah ke bawah. Selanjutnya, ia menginstuksikan para tim penggerak PKK di kelurahan serta kecamatan di Kota Bekasi untuk mewujudkan impian itu di wilayah masing-masing.


Renovasi posyandu terwujud berdasarkan usulan ibu-ibu kader serta para relawan di Kelurahan Aren Jaya, yang tergabung dalam KSM-KSM yang dinamai sesuai posyandu masing-masing. Usulan ini dimajukan, mengingat selama ini fasilitas pelayanan kesehatan terhadap para bayi, balita serta ibu-ibu hamil dirasakan kurang maksimal akibat tempat pelayanan posyandu kurang memadai dan seringkali berpindah lokasi serta menumpang di kantor RW. Atau kalaupun ada, kondisi hanya seadanya.


Gedung Serbaguna yang digunakan juga untuk Posyandu dan pelayanan kesehatan ini akhirnya berdiri kokoh [Dok. Korkot Bekasi, P2KP Advanced]Para kader merasa perlu mempunyai gedung/ruangan sendiri demi memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat serta untuk menyimpan barang-barang inventaris pendukung kegiatan posyandu.


Renovasi posyandu di lima lokasi RW ini didanai dengan BLM PNPM termin II (50%) dari APBD senilai Rp23,8 juta dengan swadaya masyarakat mencapai antara sekitar Rp14 juta yang direalisasikan serentak pada Januari 2009.


Menurut Ny. Melani, salah seorang ketua KSM Renovasi Posyandu ASOKA, keberadaan gedung/ruangan posyandu yang memadai tidak hanya terbatas pada kegiatan pelayanan kesehatan bagi para bayi, balita maupun ibu-ibu hamil setiap bulannya, melainkan lebih jauh dapat digunakan bergantian dengan pelaksanaan poswindu, berupa pelayanan kesehatan bagi para lansia, serta dapat dikembangkan lagi untuk kegiatan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Apalagi, di Kelurahan Aren Jaya hanya beberapa RW saja yang sudah mempunyai gedung posyandu sekaligus dengan PAUD-nya.


Rencana ke depan, gedung posyandu yang sudah berdiri megah ini dapat dijadikan sebagai tempat para ibu bersosialisasi serta beraktivitas meningkatkan keterampilannya, mengingat salah satu tujuan posyandu adalah memberikan keterampilan bernilai usaha bagi kaum perempuan pada umumnya. (Yuliani P.S., TF-01 Kota Bekasi, P2KP Advanced, PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys